Sertifikat badan usaha (SBU) merupakan sebuah tanda profesionalisme sebuah perusahaan. Apabila Anda memiliki perusahaan, maka SBU menjadi hal yang tidak bisa ditunda pembuatannya. Untuk sebuah perusahaan SBU merupakan sertifikat yang dikeluarkan secara resmi oleh lembaga semacam KADIN dan LPJK untuk menandakan kekayaan badan usaha dalam menjalankan bisnisnya. Dengan memiliki SBU tentunya akan menguntungkan bagi perusahaan. Diantaranya adalah dipercaya oleh klien karena sudah memiliki kredibilitas, bisa mengambil proyek besar, dan dipandang profesional tentunya.
4 Tips Mendapatkan Sertifikat Badan Usaha untuk Perusahaan
Untuk jenis sertifikat badan usaha sendiri pun ada beberapa jenisnya. Yakni SBU konsultan, SBU jasa konstruksi, SBU konsultan non konstruksi, dan SBU spesialis. Jika perusahaan Anda ingin mengajukan SBU, maka ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan. Diantaranya sebagai berikut ini.
-
Memahami Syarat yang Dibutuhkan
Hal pertama yang harus dipertimbangkan dengan baik ketika mengurus SBU adalah memastikan syarat-syaratnya. Untuk syarat pengurusan SBU diantaranya sebagai berikut ini;
- Akta perusahaan & Surat Kehakiman (fotokopi)
- Domisili bisnis yang dijalankan (fotokopi)
- NPWP perusahaan (fotokopi)
- TDP (fotokopi)
- Kartu tanda anggota dari asosiasi perusahaan
- KTP para pengurus bisnis (fotokopi)
- Pas foto berwarna direktur utama berukuran 3x4
- SKA sertifikat keahlian atau SKT sertifikat keterampilan sesuai dengan ketentuan pada kualifikasi badan usaha
- Ijazah tenaga ahli, KTP dari tenaga ahli, sertifikat keterampilan tenaga ahli & daftar riwayat hidup (fotokopi)
- Daftar tenaga teknik atau tenaga ahli yang bekerja di perusahaan tersebut
- Neraca & laporan keuangan serta laporan pajak tahunan yang terakhir
- Daftar pengalaman kerja yang sudah pernah dilakukan perusahaan
Pastikan semua syarat-syarat tersebut sudah lengkap untuk mengajukan sertifikat badan usaha. Dengan begitu nantinya tidak akan kebingungan lagi.
-
Memahami Manfaat Mempunyai SBU
Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas, bahwa dengan memiliki SBU maka sebuah perusahaan dinilai lebih berkredibilitas untuk bisa bersaing dengan perusahaan lain. Dengan memahami manfaat memiliki SBU, maka perusahaan akan terus meningkatkan kredibilitas dari berbagai segi. Baik dari segi SDM, tender yang diambil, dan masih banyak lainnya.
-
Pahami Tempat Pengurusan SBU
Ketika ingin mengurus SBU untuk perusahaan, pastikan untuk mengetahui dimana lokasi untuk pengurusan SBU ini. Dengan begitu akan memudahkan Anda ketika ingin mengurus SBU di waktu mendatang. Selain itu juga bisa memperkirakan jarak dan waktu yang tepat untuk datang mengurus SBU perusahaan ini. Tempat untuk mengurus SBU sendiri adalah LPJK.
-
Menggunakan Biro Jasa
Jika sudah memahami ketiga poin diatas, maka waktunya untuk mengurus SBU untuk perusahaan. Maka langkah selanjutnya adalah dengan bekerja sama dengan biro jasa izin usaha SBU. Biro jasa ini akan membantu dalam mengurus SBU, mulai dari mengumpulkan syarat sampai datang ke kantor LPJK. Bahkan sampai sertifikat badan usaha bisa dipakai oleh perusahaan itu sendiri.
Tips Memilih Biro Jasa Sertifikat Badan Usaha Perusahaan
Untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus SBU sendiri ke LPJK, maka bisa bekerja sama dengan biro jasa SBU. Namun untuk mendapatkan biro jasa SBU berpengalaman memang harus selektif. Jangan sampai salah memilih dan berakhir dengan kekecewaan. Berikut ini ada beberapa tips untuk menemukannya.
-
Melakukan Filter Terlebih Dahulu
Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memfilter biro jasa SBU terlebih dahulu. Akan lebih baik jika memilih yang satu kota terlebih dahulu. Dengan memilih jasa yang masih satu kota tentunya akan membuat kita jadi lebih mudah ketika ingin berkunjung langsung. Selain itu juga bisa menghemat waktu dan biaya perjalanan tentunya.
-
Pertimbangkan Kredibilitas
Selanjutnya pastikan untuk mempertimbangkan kredibilitas yang dimiliki oleh biro jasa SBU. Kredibilitas ini bisa dilihat dari lama berdiri, portofolio klien, testimoni dan banyaknya klien yang sudah bekerja sama dengan jasa SBU tersebut. Semakin baik kredibilitas yang dimiliki oleh biro jasa SBU maka Anda bisa melakukan kerja sama dengan jasa tersebut tanpa harus ragu-ragu.
-
Perhatikan Pelayanan
Jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana biro jasa SBU memberikan pelayanan kepada calon klien. Apakah pelayanan yang diberikan memuaskan atau tidak. Untuk mengetahui apakah pelayanan yang diberikan baik atau tidak bisa dengan mengontak langsung. Juga bisa mendatangi lokasi biro jasa SBU. Biro jasa SBU yang baik pastinya akan memberikan pelayanan yang memuaskan dan memberikan detailnya. Dengan begitu calon klien yang akan melakukan kerja sama bisa lebih paham dan nyaman selama konsultasi.
-
Biaya Jasa Transparan
Kemudian dari segi biaya jasa yang ditawarkan oleh biro jasa SBU tentunya juga transparan. Artinya semua biaya sudah dibuat rincian di awal. Jadi ketika perusahaan Anda sudah mendapatkan sertifikat badan usaha tidak ada lagi biaya tambahan atau printilan biaya lainnya. Dengan begitu klien nantinya bisa membuat pertimbangan untuk mengeluarkan biaya jasa.
-
Pilih PT. Cipta Purnama Samudera
Yang terakhir adalah memilih PT. Cipta Purnama Samudera sebagai biro jasa pembuatan sertifikat badan usaha. PT. Cipta Purnama Samudera merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultan hukum, konsultan perizinan legalitas, konsultan HKI, pembuatan sertifikat ISO dan lainnya.