Sertifikasi ISO 20000 merupakan standar internasional pertama yang ditujukan untuk manajemen layanan teknologi informasi (ITSM (IT Service Management)). Di bulan Desember 2005, standar ini pertama kali dipublikasikan dan menggantikan British Standards BS 15000. ISO 2000 dikembangkan sebagai proyek bersama oleh International Organization for Standardization dan International Electrotechnical Commission. Untuk standar ini juga disebut sebagai IEC 20000. Yang mana dimaksudkan untuk memungkinkan semua organisasi yang menggunakan pondasi teknologi informasi bisa menerapkan praktik terbaik yang sudah ditetapkan secara internasional.
Tujuan Sertifikasi ISO 20000
Standar ISO 20000 biasanya dipakai oleh para institusi perusahaan. Baik BUMN, swasta atau pemerintah. Menerapkan standar ini, maka perusahaan bisa mengoperasikan, memantau, mereview, merencanakan, dan memelihara sistem manajemen layanan IT sesuai standar. Pengembangan ISO 20000 pun bukan tanpa tujuan. Adanya standar secara spesifik, maka akan berdampak pada kemungkinan perusahaan atau organisasi yang berkecimpung dengan layanan IT mempunyai posisi standar. Dengan begitu mereka bisa meningkatkan kualitas dan pelayanan yang lebih baik lagi.
5 Manfaat Sertifikasi ISO 20000
Dengan memiliki standar sertifikasi ISO 20000, pastinya akan memberikan dampak yang positif untuk perusahaan. Diantaranya sebagai berikut ini:
Kepuasan Pelanggan
Menerapkan standar ISO 20000 tentunya akan membuat perusahaan jadi lebih mudah dalam mengontrol proses pelayanan IT. Jadi bisa meningkatkan efisiensi tim dalam layanan manajemen dan organisasi.
Daya Saing & Kredibilitas
Ketika sebuah perusahaan menerapkan ISO 20000 menjadi salah satu cara meningkatkan reputasi perusahaan, keunggulan kompetitif, persepsi dan citra, dan kredibilitas akan semakin meningkat. Hal ini akan membuat klien yang akan melakukan kerja sama memberikan nilai plus kepada perusahaan tersebut.
Tolak Ukur & Perbaikan
ISO 20000 merupakan standar yang diakui untuk manajemen layanan IT. Jadi untuk implementasinya, maka bisa membandingkan proses organisasi dengan lainnya. Sama seperti standar lainnya, perbaikan secara terus menerus menjadi landasan pelaksanaan dan memastikan bahwa sistem manajemen layanan IT mendukung. Juga secara teratur dipantau, diukur, dan di review. Dengan begitu akan membuka kemungkinan menjadi lebih baik dari hari demi hari. Selain itu juga membantu manajemen mendapatkan gambaran secara jelas mengenai kinerja dan efisiensi sistem.
Produktivitas
Sebagai contohnya, Anda memiliki tanggung jawab untuk tim manajemen layanan IT keseluruhan. Bayangkan ada di situasi dimana sudah jelas mengenai siapa melakukan apa, kapan proses didefinisikan, didokumentasikan dan diletakkan. Nah ISO 20000 akan memberikan manfaat kejelasan seperti itu.
Kepatuhan
Menerapkan standar ISO 20000, maka akan membuat pelanggan tahu apa yang diharapkan dari Anda. Yakni kriteria evaluasi jelas. Selain itu, ISO 20000 juga mensyaratkan kepatuhan mengenai peraturan hukum atau lainnya.
Konsekuensi Sertifikasi ISO 20000
Untuk membuat sertifikasi ISO 20000 diterapkan dengan baik tentunya membutuhkan effort lebih besar dari seluruh komponen manajemen layanan IT sebuah institusi. Tiap orang atau bagian mempunyai porsi masing-masing untuk keberhasilan sertifikasi. Dibalik pencapaian ini tentunya ada konsekuensi yang harus dipenuhi. Diantaranya adalah sebagai berikut ini;
Membutuhkan Usaha Besar
Usaha yang dimaksudkan pada waktu pertama kali memutuskan untuk melakukan sertifikasi adalah pelaksanaan manajemen IT. Yang mana tercantum dalam ISO 20000, komitmen pimpinan dalam menerapkan sistem manajemen layanan IT, merubah budaya kerja, terukur, terdokumentasi, dan sesuai prosedur, penyesuaian struktur organisasi manajemen layanan IT, pemenuhan teknologi.
Biaya yang Dikeluarkan
Untuk membuat sertifikasi ISO 20000 memang tidaklah murah, sebab membutuhkan biaya yang cukup besar. Tetapi keberhasilan dari penerapan ISO 20000 ini akan memberikan keuntungan lebih besar pada institusi tersebut.
Jasa Sertifikasi ISO 20000 yang Berpengalaman
Demikianlah beberapa hal penting yang harus diketahui dengan baik terlebih dahulu mengenai sertifikasi ISO 20000. Setelah mengenai informasi diatas, maka Anda tidak akan terlalu kesulitan jika ingin membuat ISO 20000 di perusahaan sendiri. Nah, untuk Anda yang memang ingin mengimplementasikan standar ISO. Namun masih bingung harus memulai dari mana. Tidak perlu bingung-bingung terlebih dahulu, karena PT. Cipta Purnama Samudera akan membantu Anda. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi ISO. PT. Cipta Purnama Samudera bisa sangat membantu Anda dari awal sampai akhir mendapatkan sertifikasi ISO.
Selain itu, masih ada banyak keuntungan lain yang nantinya akan didapatkan jika melakukan kerja sama dengan PT. Cipta Purnama Samudera. Diantaranya adalah pelayanan yang memuaskan, dengan begitu klien bisa lebih nyaman dan aman selama melakukan kerja sama. Kemudian dari segi proses kerja sama pun cepat, karena akan langsung ditangani begitu proses pembayaran diselesaikan. Selain membantu konsultasi ISO, PT. Cipta Purnama Samudera juga bisa membantu proses perizinan lainnya. Diantaranya adalah pelayanan untuk legalitas perusahaan berupa akta pendirian PT, CV, Yayasan, NIB, SIUP, TDP, NPWP Perusahaan, Izin Ekspor - Impor, API - U, IUI, TDUP. Legalitas Direktorat Jenderal Hak kekayaan, intelektual berupa hak merek, hak paten, hak cipta, design industri, SIUJK, SBU, SKT/KTA.